[Curhat Curhit] Writer’s Block

writers-block

 

Kebanyakan orang yang suka nulis-nulis pasti pernah ngerasain hal ini. Punya ide dikepala, tapi gak bisa mengkonversi kekata-kata, ada juga yang berusaha banget buat dapet inspirasi tapi bete sendiri gara-gara gak dapet inspirasi. Akhir nya nyerah dan gak jadi nulis, jadi males. Beberapa maksain nulis, ketulislah beberapa baris. Gak dapet feel nya, akhir nya didelete.

Aku? Aku termasuk orang yang ninggalin tulisan buat beberapa saat dan ngelakuin hal yang lain. Biasa nya nyari-nyari tips ‘bagaimana cara menghilangkan writers block’. Kebanyakan nyaranin buat ngelakuin hal-hal yang diluar dari aktivitas menulis, menunggu inspirasi datang sendiri, jalan-jalan, dan lain-lain. Aku ngelakuin itu jauh sebelum aku baca tips nya, dan hasil nya? Luar biasa, jadi makin males.

Biasa nya aku kena writers block ini kalo matahari masih ada dilangit. Pas malem nya baru ada mood buat buka Ms. Word atau notepad dan nulis apapun itu. Nulis terus sampe tengah malem, walau kadang gak ada yang jadi. Sering nya gak ada yang jadi sih, entah kenapa kok bisa gini ya?

Dibanding temen-temen ku yang lain aku termasuk yang beruntung (atau mungkin emang gak mau repot). Aku bisa bikin cerpen kurang dari 2000 kata, dibanding temen ku yang minimal 4000 kata. Mereka bilang kalo dipaksain 2000 kata ending nya bakal gantung. Jujur, aku pribadi nulis lebih dari seribu kata aja udah ajib banget. Luar biasa. Tapi mereka, kalo ikut lomba nulis yang dibatesin 1500 kata aja udah uring-uringan. Ketika aku nanya kemereka apa tulisan nya udah selesai apa belom mereka cuma geleng. Mereka kena writers block gara-gara 1500 kata itu.

Buat kita yang lagi kena writers block semangat ya. Kamu gak sendiri. Ada aku disini. Jangan terlalu terlena sama writers block itu. Paksain aja, minum teh biar rileks. Sering-sering baca tulisan-tulisan separagaf-dua paragraf mu itu. Gak semua orang bisa kayak kamu. Berbanggalah! Berbahagialah! Rambate rata hayo! Singsingkan lengan baju kalau mau maju!

You Can Be An Endorphin

